Minggu, 19 Januari 2014

Supaya Balon dari Air Sabun Tidak Mudah Pecah


             Sobat science pastinya pernah bermain gelembung sabun kan, tapi pernahkah kita berpikir mengapa gelembung sabun yang kita tiup berbentuk bulat bukan persegi,oval atau bentuk yang lain?nah disini akan kita ungkap fenomena apa yang menyebabkan hal itu.
       Gelembung sabun berbentuk bulat terbentuk karena adanya tegangan permukaan yang menarik molekul-molekul air sekuat mungkin antara sejumlah partikel. Dan gaya tarik yang paling kuat antar partikel hanya mungkin terjadi jika berbentuk bola atau bulat, karena diantara bentuk bangun yang ada, bentuk bola
atau bulat ini lah yang memiliki luas sebelah luar yang paling kecil. Zat cair selalu cenderung menuju ke keadaan yang luas permukaanya lebih kecil.
            Sedangkan tegangan permukaan  adalah  gaya yang diakibatkan oleh suatu benda yang bekerja pada permukaan zat cair setiap panjang permukaan yang menyentuh benda itu. Gelembung sabun memiliki permukaan yang tipis, dan tegangan permukaan menyebabkan selaput berkontraksi dan cenderung memperkecil luas permukaan saat itu timbul perbedaan tekanan udara dibagian dalam dan luar selaput gelembung. Ketika kita meniupkan udara berarti kita menambahkan tekanan ke dalam, dengan demikian selaput air akan memperluas permukaan untuk mengimbangi tekanan dan gaya tegangan permukaan kedalam akan bertambah sehingga gelembung semakin besar. Jika udara terus ditambahkan, permukaan gelembung akan semakin tipis karena memang persediaan air terbatas dan pada suatu titik tertentu gelembung akan pecah.
           Lalu bagaimana gelembung sabun agar lebih lama pecahnya?Ada beberapa tips agar gelembung lebih awet, diantaranya dengan menambahkan garam pada lautan sabun atau bias dengan menambahkan perasan daun bunga sepatu, yang terakhir sebelum bermain basahilah permukaan lantai agar lembab, karena suasana lembab membuat gelembung tidak mudah pecah.
        Nah satu lagi yang perlu dicoba sobat science membekukan gelembung, caranya basahi selembar kertas, letakkan gelembung diatas kertas dengan bentuk setengah bola kemudian masukkan dalam freezer, tunggu 3-5 menit kemudian keluarkan gelembung, lihat apa yang terjadi.
Referensi:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar