Minggu, 23 Februari 2014

TIPS MUDAH MENGHAFAL AL QUR’AN


                                            
                       oleh Ust. Munawir

Bagi para guru tahfid yang masih mencari metode yang tepat untuk mengajarkan tahfid, atau bagi anda yang ingin menghafal Al-Qur’an tetapi sudah sibuk dengan ma’isyah,  antum tidak perlu khawatir. Ada delapan langkah yang memudahkan anda memindahkan juz demi juz dalam Al-Qur’an ke hati dan otak. Berikut delapan tipnya… .

1.     Dalam meghafal Al Qur’an hendaknya menggunakan satu jenis mushaf saja,karena hal itu sangat membantu anda dalam menguatkan hafalan dan agar lebih mudah mengingat letak halaman dan ayat yang akan anda hafal.
2.     Hendaknya anda memahami makna ayat terlebih dahulu, yaitu dengan cara membaca terjemahan ayat yang akan anda hafal.
3.     Mulailah dengan membaca ayat pertama yang terletak di halaman paling atas dengan suara yang terdengar jelas, bacalah ayat tersebut sebanyak 10 kali atau lebih, hingga pikiran anda dapat menangkap ayat tersebut dengan baik, kemudian pejamkan mata anda dan ulangi ayat tersebutdengan membayangkan letak posisi huruf dan kata-kata dalam ayat tersebut.
4.     Bukalah kembali mata anda dan bacalah ayat yang telah anda hafal,untuk memastikan bahwa anda telah menghafalnya dengan benar.
5.     Setelah menghafal ayat yang pertama,maka anda dapat meneruskan ke ayat yang kedua,cara menghafalnya sama seperti cara menghafal pada ayat yang pertama.
6.     Setelah anda menghafal ayat yang kedua,mulailah dengan menggabungkan dua ayat,bacalah ayat yang pertama kemudian lanjutkan dengan ayat yang kedua tanpa berhenti di akhir ayat yang pertama.Ulangilah hingga beberapa kali dengan memejamkan mata anda,sampai anda benar-benar yakin telah menghafalnya.
7.     Jika ayat yang akan anda hafal itu panjang,hendaklah anda membagikannya menjadi dua bagian,dimulai dengan menghafal bagian yang pertama, barulah berpindah menghafal bagian yang kedua.
8.     Lakukan langkah-langkah tersebut,sampai anda berhasil menghafal seluruh ayat yang ada pada halaman tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar